Tanggung Jawab Mengelola Keuangan Keluarga

Dalam mengelola keuangan keluarga tentu saja melibatkan suami dan istri sehingga diperlukan tanggung jawab bersama dalam pengelolaannya. Dengan membagi tanggung jawab bersama, suami tidak lagi merasa lebih dibandingkan istri. Karena kedua individu di dalam keluarga tersebut memiliki tanggung jawab masing-masing. Untuk itulah keterbukaan dan diskusi mengenai keuangan menjadi sangat dibutuhkan.

Tiga hal penting dalam mengelola keuangan bersama :

Tabungan Pendidikan AnakPertama, pembagian kerja sangatlah dibutuhkan dalam hal mengatur keuangan. Contoh singkatnya, siapa yang membayar semua kebutuhan sehari-hari rumah tangga. Misalkan anda sebagai istri yang harus membayarnya maka suami dalam hal ini harus mentransfer dana yang cukup setiap bulannya untuk
memenuhi semua kebutuhan keuangan keluarga.

Bila anda memutuskan untuk mendelegasikan satu orang untuk membayar semua tagihan bulanan keluarga maka hal penting yang harus diperhatikan adalah kejujuran. Dimana anda berdua haruslah terbuka satu sama lain yang berkenaan dengan permasalahan uang. Jangan sampai bila anda menggunakan rekening bersama dan salah stau dari anda mengambil dana dalam jumlah besar dan tidak mengatakan kepada pasangan anda. Begitu pasangan anda membutuhkan untuk hal yang sangat penting ternyata dana yang tersedia tidak mencukupi.

Kedua, pengeluaran yang disepakati menjadi sangat vital. Anda berdua harus mencapai kata sepakat dalam merencanakan pengeluaran. Hal ini biasanya berkaitan dengan pengeluaran yang tidak tetap, misalkan keputusan untuk mengganti mobil dengan yang baru setelah beberapa tahun? Atau apa yang anda berdua pikirkan berkenaan dengan liburan? Sebagai kesimpulan, anda harus membicarakan dan bersepakat dalam kebutuhan yang harus dipenuhi, apa yang menjadi keinginan bersama dan apa yang dapat anda penuhi.

Ketiga, hal terakhir yang menjadi sangat penting adalah menabung. Dalam hal ini visi kedepan menjadi sangat penting. dimana dengan tujuan yang anda dan pasangan anda tentukan, akan memberikan motivasi serta pemilihan strategi yang dapat membantu anda mencapai tujuan masa depan yang dimiliki. Dengan begitu anda juga akan melihat pentingnya pengalokasian dana saat ini dan dimulai saat ini juga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar