Mengajak Anak Menyanyi & Menari

ANAK-anak kecil gemar menyanyikan lagu dan bergoyang sesuai irama musik. Ternyata kegiatan ini tak hanya membantu pertumbuhan fisiknya namun juga perkembangan bahasanya.

Sajak dan lagu sangatlah populer sejak bayi lahir sampai balita mulai belajar mengucapkan kata-kata. Karena itu, bantulah anak Anda untuk sering mengulang lagu. Atau membiarkannya mengucapkan kata terakhir dari satu kalimat sajak yang Anda ucapkan. Dan buatlah nama-nama di dalam sajak yang akrab di telinganya.

Permainan jari yang gampang akan menarik minat balita muda, meskipun Andalah yang harus melakukan hampir semua pekerjaannya, dan dia hanya kebagian tertawa terkekeh-kekeh saja.

Cobalah sajak buatan Anda sendiri seperti "Berkeliling Taman" atau "Lima Bebek Kecil" sambil melangkahkan jari-jari Anda di perut atau lengannya kemudian menggelitikinya tepat pada kata tertentu dari sajak Anda.

Selain mengajak sang buah hati mengucapkan kalimat sajak yang diucapkan, sebaiknya berikan pula mereka sajak berlagak. Permainan ini memang lebih sulit dibandingkan permainan jari karena melibatkan seluruh gerakan tubuh, sehingga lebih cocok untuk balita besar.

Anda tentu kenal lagu "Dua mata saya" dan "Kepala, pundak, lutut, kaki." Nyanyikan lagu itu sambil menggerakkan anggota tubuh yang disebut. Nah, kini ciptakan sendiri sajak Anda yang juga melibatkan bagian-bagian tubuh atau mendorong anak untuk bergerak, dan minta anak Anda mengikuti gerakan Anda. Misalnya, "Kereta api berangkat ke Yogya, jus...jus...jus" atau "Terbang, terbanglah ke angkasa."

Setelah mengajak anak berkomunikasi melalui lagu dan sajak, kini giliran untuk Anda mengajaknya meregang dan membungkuk. Latihan atau senam sangat menyehatkan Anda dan anak-anak.


Hidupkan musik riang dan ajak anak Anda untuk merentangkan tangannya di udara, membungkuk memegang ibu jari kakinya, menekuk kakinya sambil melompat bagai katak, dan melompat tinggi untuk meraih bintang.

Tak hanya mengajak senam, Anda pun harus membuat buah tercinta bergerak. Menari bersama menjadi langkah ideal yang dapat dilakukan. Anak-anak senang sekali berdiri di atas kaki Anda saat Anda menari berkeliling ruangan. Tentu saja, jangan lupa untuk memegangi kedua tangannya. Kalau Anda kesakitan atau sulit bergerak, ajak dia menari berpegangan tangan saja sambil mengikuti aneka irama musik yang cepat menghentak, yang lamban, yang keras dan lembut, yang mengayun dan ritmik. (Mom& Kiddie//nsa-oz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar